Jiwa Sosial dr Udin Malik Meronta Temukan Bayi Celah Bibir di Pengungsian Korban Banjir

Kiky
dr Udin Malik dan Bayi Celah Bibir. Foto Dokumen Pribadi

MAKASSAR, iNewsGowa.id - Jiwa sosial kemanusiaan dr Udin Malik tidak diragukan lagi. Kali ini, Ketua Forum Kemanusiaan Kota Makassar ini kembali menunjukkan kesigapannya mengambil langkah untuk segera mengoperasi bayi dengan celah bibir.

Cerita bermula saat Dokter Kemanusiaan ini berkunjung untuk menyalurkan bantuan kepada warga korban terdampak banjir di Kelurahan Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Sabtu (18/2/2023).

Saat mengecek kondisi pengungsi, dr. Udin Malik yang memiliki kebiasaan mengecek kondisi kelompok rentan seperti orang tua dan anak-anak, menemukan bayi dengan celah bibir.

"Saat itu juga saya minta izin ke orang tuanya agar jadwal operasi untuk bayi segera dijadwalkan, " ungkap dr Udin Malik.

Menurut dr Udin Malik langkah operasi harus segera diambil sebab menyangkut tumbuh kembang bayi tersebut nantinya. Agar sensori indera pengecap serta fungsi bicara tidak terganggu.

"Celah di mulut juga bisa berpotensi terkena infeksi telinga, makanya perlu ditindak segera, " ujarnya.

Apa yang dilakukan dr Udin Malik bukanlah kali pertama. Saat gempa dahsyat di Palu, Sulawesi Tengah, beberapa waktu silam dia bahkan mengambil tindakan yang jauh lebih darurat dan Ekstrim.

Waktu itu, dr. Udin Malik membantu persalinan seorang ibu korban gempa di halaman rumah sakit. Berbekal peralatan operasi seadanya dan penerangan dari senter, dia berhasil mengantarkan dua orang bayi sekaligus bernafas di dunia.



Editor : Revin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network