get app
inews
Aa Read Next : KPK Sita Marcedes Benz dan Menyegel Rumah Mewah Milik SYL di Makassar

Propek Budidaya Udang Vaname Warga Kampung Lette Makassar

Senin, 08 Mei 2023 | 08:53 WIB
header img
Kelompok Kallang Bayang Budidaya Udang Vaname, Tamalate, Makassar. Foto Dokumen Pribadi

MAKASSAR, iNewsGowa.id - Udang merupakan salah satu komoditas perikanan di Indonesia yang berpotensi besar untuk dikembangkan dan menjadi peluang bisnis bagi masyarakat khususnya warga Kampung Lette Tanjung Merdeka Makassar.

Kelompok masyarakat budidaya bernama Kallang Bayang ini memilih Udang Vaname (Litopenaeus vannamei). sebab, jenis udang vaname memiliki kontribusi volume ekspor mencapai 85%.

"Udang vaname memiliki karakteristik spesifik, seperti mampu hidup pada kisaran salinitas luas, mampu beradaptasi dengan lingkungan bersuhu rendah, memiliki tingkat keberlangsungan hidup yang tinggi," kata Jumadi ketua kelompok budidaya Kallang Bayang, Sabtu (7/5/2023).

Jenis udang ini juga, memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap penyakit sehingga cocok untuk dibudidayakan di daerah Tanjung Merdeka dengan penerapan bioflok.

"Dari pertimbangan itu, akhirnya kami mengajak masyarakat untuk memilih jenis udang ini, kita mendapatkan respon dari pemerintah sebagai program pengembangan lorong wisata" jelas Jumadi.

Selain budidaya udang, warga juga menanam sayuran hidroponik sebagai pelengkap.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Walikota Makassar telah membantu dan memfasilitasi hingga budidaya ini bisa terlaksana" tambah Aminuddin Rurung selaku sekertaris Kelompok Budidaya.

Camat Tamalate Emil Yudianto T Nyengka yang menghadiri penaburan perdana bibit udang vaname, mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan warga dan berharap terus dikembangkan.

"Kami selalu siap menfasilitasi kebutuhan budidaya baik secara moril dan materil. Berharap menjadi percontohan, pembelajaran bagi masyarakat untuk Mandiri. Pengelolaan buddaya nantinya di area rumah masing-masing, sehingga bisa menjadi penunjang ekonomi keluarga" harap Emil Yudianto kepada warga Kampung Lette.

Dukungan untuk Kallang Bayang ini juga mendapat perhatian dan dukungan dari Dosen Universitas Muslim Makassar (UMI)  Saenong dan akemisi Universitas Bosowa Makassar, Amir yang akan membantu pengembangan budidaya.

Nampak pula Ari Ashari Ilham Anggota DPR Makassar, Syamsul Bahri Perwakilan Dinas Perikanan Makassar, Salmia penyuluh Kelompok Budidaya, Lurah Tanjung Merdeka  A Bau Sofyar dan Ketua LKPM Ashady Arief hadir ditengah warga Kampung Lette.

Editor : Revin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut