Muhammadiyah Musywil di Enrekang, 13 Formatur Wilayah Pilih Ketua yang Tidak Merokok

Lutfi
Musywil Muhammadiyah, Enrekang, Gowa. Foto Dokumen Pribadi

SUNGGUMINASA, iNewsGowa.id - Muhammadiyah Kabupaten Gowa, mengutus 385 orang kadernya untuk mengikuti musyawarah wilayah yang akan berlangsung di Kabupaten Enrekang.

Para peserta musyawarah wilayah asal Gowa tersebut, berkumpul di kantor Muhammadiyah yang berada di Istana Balla Lompoa, Sungguminasa, Kecamatan Sombaopu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, sebelum berangkat ke Kabupaten Enrekang menggunakan bus.

Kata Hasanuddin Wiratama, salah satu Peserta Utusan Cabang Maccinibaji sekaligus mantan ketua Kokam Sulsel ini, ada 385 orang yang berangkat ke Kabupaten Enrekang dalam musyawarah wilayah.


Naik Bus ke Kabupaten Enrekang



Masing masing peserta berasal dari 4 orang pimpinan daerah dan 81 orang utusan berasal dari 22 cabang Muhammadiyah yang tersebar di seluruh Kecamatan di Kabupaten Gowa.

"Jadi  385 orang ini Terdiri dari 300 Pengembira dan 85 Peserta. Peserta ini berasal dari 4 orang Pimpinan Daerah dan 81 orang utusan dari 22 Cabang Muhammadiyah yang tersebar diseluruh kecamatan di Kabupaten Gowa," ungkap Hasanuddin Wiratama, Kamis (2/3/2023).

Ia menambahkan, 85 Peserta Musywil ini, adalah peserta terbanyak dari setiap kuota yang ada Kabupaten se Sulawesi Selatan.

"Jadi 85 Peserta ini seluruhnya adalah pemegang hak suara yang nantinya akan memilih 13 anggota Formatur Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dari 39 calon dari hasil Muspim," jelasnya.

Lanjut Hasanuddin, 13 Formatur yang terpilih inilah yang nantinya akan memilih Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, sekaligus menyusun komposisi Pengurus Wilayah Muhammdiyah Sulawesi Selatan periode berikutnya.

Selain akan memilih anggota Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, kata Hasanuddin Wiratama, akan ada beberapa agenda penting lainnya yang akan diselenggarakan di Enrekang.

"Jadi agenda penting itu seperti, Pengesahan Program Kerja Muhammadiyah Sulsel dan Rekomendasi Musywil Muhammadiyah Sulsel," tambahnya.

Terkait figur yang tepat menjadi Ketua PW Muhammadiyah Sulsel, menurut Hasanuddin yang kini menjabat sebagai Ketua MDMC Gowa ini, semua calon memiliki kemampuan untuk menjadi figur pemimpin, namun ada hal yang menarik, dimana pimpinan Muhammadiyah yang akan kita pilih ini tidak merokok.

"Sesuai fatwa majelis tarjih PP Muhammadiyah, rokok itu haram, jadi kita  bagusnya memilih calon yang patuh pada putusan ini, yaitu calon yang tidak merokok," tegasnya.

Sementara itu, Akhmad Firdaus Naba, Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Gowa berharap dalam musyawarah wilayah ini, 3 pimpinan daerah yang diajukan sebagai calon pimpinan wilayah Sulawesi selatan bisa diterima.

"Jadi 3 pimpinan daerah Muhammadiyah Kabupaten Gowa yang kita ajukan adalah orang-orang terpilih dan terbaik, da semoga pimpinan daerah se-Sulawesi selatan bisa menerimanya."Ujar Akhmad Firdaus Naba.

Rencananya, Musyawarah wilayah dan sekaligus Pemilihan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan ini akan berlansung di Kabupaten Enrekang pada  pada hari Sabtu 4 Maret 2023, dan diperkirakan akan di hadiri Ribuan orang kader Muhammadiyah dari berbagai wilayah di Sulawesi Selatan.



Editor : Revin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network