Kolaborasi Unimerz bersama Stikes Nani Hasanuddin beri Pelatihan Pengentasan Stunting di Gowa

Dul
Pelatihan pengukuran antropometri dan pembuatan kudapan berbahan dasar ikan kepada para guru KB-TK Alam Insan Kamil. (Dok. Pribadi).

SUNGGUMINASA, iNews.id - Tim PKM (Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat) Universitas Megarezky  (Unimerz) dan Stikes Nani Hasanuddin kolaborasi melakukan pelatihan pengukuran antropometri dan pembuatan kudapan berbahan dasar ikan kepada para guru KB-TK Alam Insan Kamil, Samata, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Senin (16/9/2024). 

Kegiatan ini dipimpin oleh ketua tim PKM Nurjannah Supardi, SST., M.Keb yang juga merupakan seorang dosen pada Prodi S1 Kebidanan Unimerz, dihadiri pula oleh anggota tim PKM yaitu Masdalis, SKM., M.Kes dari Prodi S1 Gizi Stikes Nani Hasanuddin dan Nahira, S.ST., Bdn., M.Keb yang merupakan dosen pada Prodi Pendidikan Profesi Bidan Universitas Megarezky.  

Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut pada tanggal 10 – 11 September 2024 lalu yang diikuti oleh 14 peserta yang terdiri dari kepala sekolah, guru-guru, dan chef disekolah KB-TK Alam Insan Kamil dan juga melibatkan dua orang mahasiswa dari Prodi Kebidanan Unimerz yakni Irda Ratna Santika Mangar dan Selfa Louhenapessy.

Tim PKM mengawali kegiatan dengan memberikan penyuluhan mengenai cara pencegahan stunting dan manfaat pemantauan pengukuran antropometri pada anak didik. 

Setelah diberikan penyuluhan, peserta diberikan pelatihan mengenai pengukuran antropometri yang meliputi pengukuran berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala pada anak balita. 

Pada hari kedua peserta diberikan pelatihan cara pembuatan nugget dan abon ikan berbahan dasar ikan tuna. Ikan merupakan sumber protein hewani yang mudah didapat dan diolah menjadi kudapan enak dan bergizi bagi anak-anak dan dapat mencegah terjadinya stunting.

Ketua tim pengabdian Nurjannah Supardi, SST., M.Keb mengatakan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan skema Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) ini dibiayai sepenuhnya oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Pendidikan Tinggi. 

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa para guru PAUD diharapkan mampu memiliki kompetensi dalam melakukan pengukuran antropometri, menilai status gizi menggunakan kurva pertumbuhan serta dapat membuat kudapan dengan nilai gizi tinggi. 

Observasi awal yang didapatkan tim pengabdian, para guru belum terampil dalam melakukan pengukuran antropometri dan membaca tren pertumbuhan sehingga kegiatan ini dinilai sangat bermanfaat sebagai upaya pencegahan stunting dikalangan peserta didik sekolah PAUD “jelas Nurjannah Supardi kepada peserta pengabdian.

Salah seorang peserta pengabdian yang sempat diwawancarai dan merupakan Kepala Sekolah KB-TK Alam Insan Kamil ibu Anna Syahrana, Amd.Kep., S.Pd mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai upaya peningkatan kompetensi guru.

“kegiatan ini memberikan manfaat bagi para guru dan kami berharap kegiatan seperti ini dapat diadakan kembali sehingga dapat meningkatkan kompetensi serta keterampilan guru disekolah” ucap kepala sekolah. 

Kegiatan ini diakhiri dengan penyampaian ucapan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Pendidikan Tinggi, Universitas Megarezky, Stikes Nani Hasanuddin atas terlaksananya kegiatan ini dengan lancar.

Ucapan terima kasih disampaikan pula ketua pengabdian kepada Kepala Sekolah KB-TK Alam Insan Kamil ibu Anna Syahrana, Amd.Kep., S.Pd serta para guru yang telah memberikan kesempatan serta meluangkan waktu untuk mengikuti pelaksanaan kegiatan PKM ini ditengah-tengah kesibukan mengajar dan mendampingi peserta didik di KB-TK Alam Insan Kamil Kabupaten Gowa.

Editor : Abdul

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network