BNN Sulsel Klaim 140 Peserta Cakada Lolos Tes Kesehatan, Cawabup Maros Positif Narkotika

Asward Taufiq
Ketua Tim Pemeriksa Narkotika BNN Sulsel, Sudarianto (Dok. Screen Shoot Video Instagram BNN Sulsel).

MAKASSAR, iNews.id - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Selatan telah selesai melakukan pemeriksaan Narkotika 140 orang calon kepala daerah 2024. Dari 140 itu, hanya 1 yang positif terindikasi memakai Narkotika.

Ketua Tim Pemeriksa Narkotika BNN Sulsel, Sudarianto mengklaim, periksaan tersebut dilakukan secara profesional dengan menggunakan rapid tes 7 parameter. 

“Dari hasil pemeriksaan 140 calon kepala daerah se Sulsel hanya 1 yang terindikasi Positif menggunakan Narkotika yaitu Calon Wakil Bupati Maros,” klaim Sudarianto dalam video klarifikasinya melalui Instagram infobnn-prov-sulsel, Jumat (20/9/2024).

Menurutnya, pemeriksaan Narkotika terhadap Calon Wakil Bupati Maros Suhartina Bohari dilakukan sebanyak 3 kali dan tetap dengan hasil Positif Narkotika.

“Dilakukan tes pertama positif, jadi untuk memastikan pemeriksaan diulang samapai 3 kali, sesuai SOP kita lakukan tes konfirmasi di Lab pusat BNN Makassar tetapi hasilnya tetap juga positif,” bebernya lagi.

Jadi Lab di BNN Pusat Makassar ini dapat mendeteksi dan menunjuk obat apa yang bersangkutan komsumsi, apabila obat batuk maka hasil yang keluar adalah nama obat batuk maupun obat tidur tersebut,” tegas Sudirianto.

Dari hasil pemeriksaan di Lab BNN Pusat itu, alat yang digunakan langsung menunjuk yang bersangkutan mengkonsumsi Metamfetamin. 

Sudirianto juga menghimbau kepada masyarakat yang terindikasi memakai narkoba agar memeriksakan dirinya di BNN Sulawesi Selatan.

Dia juga menghimbau hasil tes kesehatan calon Kepala Daerah yang hasilnya positif narkoba agar melakukan pemulihan penyalahgunaan Narkoba atau Rehabilitasi. 

“Periksakan diri anda di BNN Sulsel, tidak dipidana melainkan diberikan program sebagai upaya pemulihan penyalahgunaan narkoba,” tutupnya.

Editor : Abdul

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network