get app
inews
Aa Read Next : Peringatan Dini Prakiraan Cuaca BMKG Sulawesi Selatan

BMKG Kembali Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrim, Berlaku 20-23 Februari

Sabtu, 18 Februari 2023 | 12:09 WIB
header img
Peringatan Dini Cuaca Ekstrim, Berlaku di Sulsel Mulai Tgl 20-23 Februari 2023 - Foto : Tangkapan Layar/Palallo

MAKASSAR, iNewsGowa - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar kembali mengeluarkan peringatan dini di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) akan kembali diguyur hujan dari 20 hingga 22 Februari 2023.

BMKG menyebut, hujan dengan intensitas tinggi hingga lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi di beberapa daerah, meliputi Pare-Pare, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto dan Selayar.

"Masyarakat diminta mewaspadai gelombang di perairan Sulsel, sebab ada potensi cuaca ekstrem di bulan Februari,” Kepala Bidang Data dan Infomasi BBMKG Wilayah IV Makassar Hanafi Hamzah, Sabtu (18/02/23).

Gelombang kategori sedang, dengan tinggi 1,25 hingga 2,5 meter diprediksi terjadi di Perairan Pare-Pare, Perairan Spermonde Pangkep bagian barat, Perairan Spermonde Pangkep, Perairan Spermonde Makassar bagian barat, Perairan Spermonde Makassar, Perairan Barat Kepulauan Selayar, Teluk Bone bagian selatan, Perairan Timur Kepulaian Selayar, Laut Flores bagian utara, Laut Flores bagian barat, Perairan Bonerate - Kalaotoa bagian utara, Perairan Bonerat - Kalaotoa bagian selatan, dan Laut Flores bagian timur.

Sementara gelombang dengan kategori tinggi, dengan tinggi 2,5 hingga 4 meter diprediksi akan terjadi di Selat Makassar bagian selatan, dan Perairan Sabalana.

Cuaca ekstrem tersebut, BMKG bilang Sulsel terkhusus di Pare-Pare, Pangkep, Makassar, Maros, Gowa, Takalar, Jeneponto dan Selayar berpotensi terjadi banjir rob, longsor, angin kencang, dan keterlambatan jadwal penerbangan dan pelayaran.

Sebagai langkah mitigasi, masyarakat dan pemangku kebijakan diimbau meningkatkan kesiap siagaan.

Editor : Thamrin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut