get app
inews
Aa Read Next : Sejumlah Bacaleg Pindah Partai Demi Peluang Lolos ke Parlemen, Takalar Misalnya

Survei Litbang Kompas, Elektabilitas PAN dan PPP di Bawah 4 Persen

Selasa, 21 Februari 2023 | 17:59 WIB
header img
Survei Litbang Kompas

JAKARTA, iNewsGowa.id - Hasil jajak pendapat yang diselenggarakan Survei Litbang Kompas berlangsung pada 25 Januari - 4 Februari 2023, diikuti oleh 1.202 responden yang diambil dari 38 Provinsi di Indonesia.

Hasil tersebut menunjukkan ada dua Partai Politik (parpol) parlemen yang memiliki elektabilitas di bawah 4 persen, yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Selasa (21/2/2023).

Tingkat keterpilihan PPP berada di angka 2,3 persen, sedangkan PAN memiliki Elektabilitas 1,6 persen.

Partai Politik memiliki Elektabilitas tertinggi tetap dipegang oleh PDI Perjuangan dengan angka 22,9 persen, disusul oleh Partai Gerindra dengan 14,3 persen, dan Partai Golkar dengan 9 persen.

Sementara Partai Demokrat dengan elektabilitas 8,7 persen, diikuti oleh Partai Nasdem dengan 7,3 persen, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 6,1 persen, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 4,8 persen.

Selain tujuh partai di atas, ada satu parpol nonparlemen yang elektabilitasnya melampaui ambang batas parlemen 4 persen, yakni Partai Perindo dengan punya tingkat keterpilihan di angka 4,1 persen.

Disamping Perindo, Elektabilitas Parpol non Parlemen lainnya belum menembus ambang batas parlemen itu, antara lain Partai Hanura, Partai Bulan Bintang, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang tingkat keterpilihannya berada di angka 0,5 persen.

Namun masih ada 16,8 persen responden yang menjawab tidak tahu/rahasia saat ditanya soal partai politik pilihannya.

Survei berlangsung melalui wawancara tatap muka, sedangkan sampel dipilih secara acak menggunakan sistematis bertingkat, diikuti oleh 1.202 responden yang diambil dari 38 provinsi di Indonesia.

Menggunakan metode itu memiliki kepercayaan publik 95 persen, dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen.

Editor : Revin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut