get app
inews
Aa Read Next : Grand Final Putri Anak Indonesia 2023, Danny Pomanto Dukung Chelsea Vienna

Hadiri HANI 2023, Wali Kota Makassar: Jaga Wilayahta Agar Bebas dari Narkoba

Kamis, 06 Juli 2023 | 11:56 WIB
header img
HANI 2023, Kepala BNN Susel, Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Wali Kota Mskassar. Foto Dokumen Pribadi

MAKASSAR, iNewsGowa.id - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Makassar gelar Deklarasi Duta Bersih Narkoba (Bersinar) dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2023, Makassar, Provinsi Sulsel, Rabu (5/7/2023).

Kegiatan Deklarasi Duta Bersinar yang bertemakan 'Akselerasi War On Drugs Menuju Indonesia Bersih Narkoba' dilaksanakan langsung di lapangan Rutan Kelas 1 Makassar, Jalan Rutan No 8, Rappocini, Makassar, dimana kegiatan tersebut dihadiri mulai dari pejabat pemerintahan Provinsi hingga Kabupaten dan Kota.

Dalam Sambutannya, Kepala BNN Provinsi Sulsel, Brigjen Pol Ghiri Prawijaya menyampaikan nasehat dan sepatah kata seputar penanganan Narkoba.

"Singkat kata, mengingat ini hari anti narkotika internasional adalah hari keprihatinan bagi kita dan sebagai momentum bahwa marilah kita benahi diri untuk memulai beritikad baik untuk bebas dari narkoba dan menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya," ucapnya.

Sementara, Kepala Rutan Kelas I Makassar, Moch Muhidin mengatakan, bahwa kegiatan ini digelar sebagai bentuk komitmen untuk Bersinar (Bersih dari Narkoba) serta bentuk apresiasi kepada warga binaan yang telah melaksanakan program rehabilitasi.

Sementara sambutan dari Wali Kota Makassar, Moh Ramadhan Pomanto memiliki langkah tersendiri agar warga bisa lebih waspada dan mengantisipasi peredaran narkotika disekitar wilayah pemerintahannya.

"Kita harus memiliki tekad melawan narkoba, dengan itu kita harus memulai pertahanan dari diri kita sendiri. Pemerintah kota sendiri memiliki tiga pendekatan, sebagaimana agar setiap orang memiliki ruang pertahanan. Pertama adalah program jagai anakta atau pertahanan keluarga, dalam hal ini peran penting sebagai orang tua sangat dibutuhkan, kedua adalah pendekatan lingkungan, sebagaimana kami lakukan pendekatan dengan lorong-lorong bersama BNN agar selalu bersinar yaitu bersih narkoba, dan yang ketiga adalah pendekatan secara religius atau keagamaan kepada masyarakat kota makassar. Jaga Wilayahta agar bebas dari Narkoba," ulas Danny Pomanto sapaan akrabnya.

Selain Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan (Sulsel) Liberti Sitinjak, juga tampak hadir dalam kegiatan tersebut, mulai dari Jajaran Forkopimda, Pejabat Provinsi Sulsel hingga Pejabat Kabupaten dan Kota.

Tidak ketinggalan, disela-sela kegiatan, keterlibatan warga binaan Rehabilitasi Narkoba Rutan Kelas 1 Makassar turut berpartisipasi memeriahkan mengisi acara dan sebagai penutup dilanjutkan dengan foto bersama warga binaan Rutan kelas 1 Makassar.

Editor : Revin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut