get app
inews
Aa Read Next : Kisah Pilu Aidil, Siswa SMP di Takalar yang Viral Karena Kelaparan

Pohon Trembesi Tumbang, Timpa Kios Milik Warga di Jalan Poros Limbung Gowa

Senin, 15 Januari 2024 | 15:19 WIB
header img
Pohon Trembesi Tumbang, Timpa Kios Penjual Semangka Milik Warga, Jalan Poros Limbung-Takalar, Gowa. Foto Dokumen Pribadi

SUNGGUMINASA, iNews.id - Hujan lebat tiada henti disetai angin kencang, sebuah pohon besar tumbang di Jalan poros Limbung-Takalar, menimpa Kios Penjual Semangka milik warga Desa Rappokaleleng, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulsel, Senin (15/1/2024).

Tidak hanya itu, pohon besar yang disebut sebagai Pohon Trembesi itu tumbang di Jalan poros tersebut, sempat mengalami kemacetan arus Lalu Lintas.

Pohon Trembesi adalah jenis pohon yang tersebar di daerah tropis dan sub tropis yang berasal dari kawasan Peru, Meksiko dan Brazil. Meski berasal dari benua Amerika, pada kenyataannya pohon ini mampu beradaptasi dan tumbuh dengan baik di wilayah lainnya.


Jenis Pohon Trembesi



Salah seorang warga setempat yang juga selaku pemilik kios, Dg Tarang (50) mengatakan bahwa akibat dari hujan yang lebat serta angin kencang pohon besar itu tumbang dan menimpa kios jualannya.

"Sekitar pukul 11.30 Wita, terjadi hujan lebat dan disertai angin kencang sehingga mengakibatkan pohon besar itu tumbang dan menimpa kios jualan saya," kata Dg Tarang.

Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa maupun warga yang cidera, hanya kerugian materil yang dialami Dg Tarang berkisar hingga Rp15 Juta.

"Tidak ada korban jiwa maupun warga yang cidera, hanya kerugian material, berkisar Rp15 juta," pungkas Dg Tarang.

Adapun warga sekitar yang melihat, melaporkan kejadian tersebut ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gowa, agar pohon tumbang segera dievakuasi.

Tim DLH Gowa yang menerima laporan warga setempat, tiba di lokasi TKP sekitar pukul 13.00 Wita, dengan dibantu Pemerintah setempat, segera melakukan evakuasi terhadap pohon tumbang tersebut, dengan menggunakan peralatan Gergaji Mesin Senso. Diperkirakan pukul 13.27 Wita evakuasi selesai dan arus lalu lintas kembali normal.

Sekitar Pukul 13.27 Wita, pembersihan selesai dan arus lalu lintas kembali berjalan normal.

Editor : Revin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut