get app
inews
Aa Read Next : Siswi SMP di Takalar Disetubuhi dan Diancam Dibunuh, Pelaku Masih Berkeliaran

Kunker di Mapolres Takalar, Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran Cerita Masa Kecilnya

Selasa, 05 Maret 2024 | 18:16 WIB
header img
Foto bersama Komjen Pol Mohammad Fadil Imran bersama Pj Bupati dan Sekda Takalar. (Dok. Pribadi).

TAKALAR, iNews.id -- Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen. Pol. Dr. H. Mohammad Fadil Imran melakukan kunjungan kerja di di Sulawesi Selatan. Kunjungan kerja kali ini diantaranya Makassar, Maros, Gowa, dan Takalar.

Komjen Fadil Imran menyatakan, momen kunjungannya ke Sulsel tersebut juga sekaligus untuk menyerap aspirasi dan harapan warga menjelang bulan Ramadan tiba. 

“Menjelang Ramadan dan Idul Fitri ini, saya keliling Maros, Gowa, Takalar termasuk Makassar,” kata Komjen Mohammad Fadil, Selasa (5/3/2024).

Khusus di Takalar, Komjen Fadil menyempatkan diri berziarah ke makam kakeknya di Kelurahan Sombala Bella, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Takalar. Ia didampingi oleh keluarga dekatnya. 

“Disini dimakamkan kakek saya. Dalam tradisi suku Makassar, nama kakek atau nenek diberikan kepada cucu. Jadi nama saya ini Daeng Timung, diambil dari nama kakek saya, " ucap Komjen Fadil sapaannya.

Usai berziarah, Komjen Pol Fadil Imran bersilaturahmi di Aula Mapolres Takalar. Di sana, Kabaharkam Polri didaulat untuk bernyanyi dihadapan seluruh personil. Sebelum menyanyi, Komjen Fadil mencari Sekda Takalar, H Muhammad Hasbi.

“Mana Sekda Takalar. Nah ini, Pak Sekda ini adik saya. Almarhumah Ibu saya bersahabat dekat dengan orang tuanya Pak Sekda. Saya sering dibawa ibu saya ketika mengajar di Madrasah Muallimin Salaka, ”urainya dengan nada haru.

Ia menambahkan bahwa sejak kecil, Fadil telah dididik dalam suasana keagamaan yang ketat dan sekaligus diajarkan nilai kepemimpinan di Salaka.

“Saya dididik agama dan nilai kedisiplinan serta kepemimpinan di sebuah kampung bernama Salaka. Pak sekda juga dididik disitu. Manfaatnya saya rasakan ketika dewasa. Semoga ini bernilai jariyah untuk para orang tua kita di Takalar," ungkapnya. 

Terpisah, usai melakukan kujungan kerja di Mapolres Takalar, Komjen Fadil Imran juga menyempatkan mengunjungi kediaman sang nenek sekaligus Ketua Majelis Ulama Indoensia (MUI) Kabupaten Takalar H. Maggaukang Rowa, di Lingkungan Salaka, Kelurahan Bajeng, Kecamatan Pattallassang. 

H. Maggaukang Rowa selaku Nenek dan Ketua MUI menjelaskan bahwa pada kesempatan ini ada dua yang ingin disampaikan terkait keluarga dari Jendral Fadil Imran, yang pertama adalah H. Maggaukang Rowa ingin memperjelas bahwa Fadil Imran merupakan asli orang Takalar.

"Kebetulan nenek laki-lakinya kawin dengan orang Kaluarrang di Kabupaten Gowa, nah yang dia temani kawin kebetulan sepupu juga dari saya, apakah dengan kawinnya ke Kaluarrang terhapus juga kekeluargaannya? Tidak kan, jadi sekali lagi kami perjelas bahwa beliau mengunjungi kediaman kami karna rindu dengan neneknya," ujar H Maggaukang Rowa. 

Kemudian lanjut kata dia, kedatangan Jendral bintang tiga ke kediaman H Maggaukang Rowa sebab posisinya saat ini merupakan tokoh Agama dan sebagai ketua MUI Kabupaten Takalar. 

"Beliau mau saran dan pertimbangan tentang situasi dan kondisi baik pembangunan material maupun pembangunan sosial, itulah dua hal yang membuat beliau berkunjung kepada kami. Dan kami fikir ini juga merupakan hal yang istimewa sebagai keluarga maupun sebagai ketua majelis ulama. Bagu kali ini seumur hidup saya rumah kami dikunjungi oleh seorang Jendral," tandas Maggaukang Rowa.

Editor : Abdul

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut