get app
inews
Aa Read Next : Karyawan PDAM Kabupaten Barru Minta Ahsan Jafar Mundur dari Jabatannya

Miris, Lokasi Perkemahan Lajulo Tidak Memiliki WC

Rabu, 14 Agustus 2024 | 12:09 WIB
header img
Peserta Pramuka di saat Pagi hari akan mencari air bersih ke pemukiman warga. (Foto: Amirullah)

BARRU, iNews.id - Pelaksanaan Pramuka, Lajulo di Kelurahan Tuwung, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan tidak memiliki fasilitas umum salah satunya WC umum dan air bersih, Rabu (14/8/2024). 

Pesertapun harus numpang buang air, serta mandi di rumah warga dengan tarif dua ribu persatu kali.

Salah satu tim medis yang bertugas di lokasi keluhkan fasilitas tidak siap terutama Water Closet (WC), dan Mushollah serta air bersih.

"Iya kami kesulitan terutama saat kita mau buang air, WC tidak disiapkan di lokasi nanti kita ke rumah warga untuk numpang buang air dengan bayaran Rp. 2.000,"ungkap petugas medis yang enggan disebutkan namanya, Selasa (13/08/2024) kemarin. 

Sementara sekertaris panitia perkemahan Lajulo Ade Kurniawan saat di temui di lokasi mengakui fasilitas umum tidak siap terutama WC, Mushollah, air bersih.  

Hal senada juga diungkapkan Sekertaris panitia perkemahan Ade Kurniawan. Dia menilai sarana fasilitas umum dulunya namun pemeliharaan yang kurang maksimal. 

"Memang itu sudah jadi keluhan peserta, kita dari pihak kuartir (Pramuka) merespon itu sebetulnya memang dari dulu tidak memiliki WC, Mandi, Cuci, Kakus (MCK). Dulu memang pernah ada namun persoalan keterbatasan anggaran sehingga pemeliharaan kurang maksimal,"ucap Ade Kurniawan.

Lebih lanjut dia katakan pihaknya sudah mencoba untuk membuat dua lokasi sumur bor namun terkendala belum ada airnya akibat musim kemarau.

"Kami sudah mencoba juga untuk membuat dua sumur bor namun belum menemukan titik air akibat kemarau panjang," kata Ade.

Selain upaya pengeboran pihak panitia juga melakukan komunikasi dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk menyiapkan air bersih dan PDAM siap.

" Kita berharap muda-mudahan pemerintah bisa menyiapkan pasilitas umum karna lokasi ini selalu di pergunakan untuk kegiatan Pramuka," ungkapnya. 

Diketahui ada ribuan peserta Pramuka yang hadir dalam perkemahan dari perwakilan Tujuh kecamatan yang ada di kabupaten barru.

Editor : Abdul

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut