get app
inews
Aa Read Next : Dirgahayu ke 79 RI, 781 Warga Bianaan Narkotika Sungguminasa Terima Remisi Kemerdekaan

Bupati Adnan Buka Musrenbang Kabupaten Gowa Penyusunan RKPD 2024

Rabu, 15 Maret 2023 | 11:15 WIB
header img
Sambutan Bupati Gowa, Musrenbang 2023, Living Plaza. Foto Dokumen Pribadi

SUNGGUMINASA, iNewsGowa.id - Pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Gowa Penyusunan Rancangan Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2024 secara resmi dibuka oleh Bupati Gowa Dr Adnan Purichta Ichsan di ACE Informa, Living Plaza, Jalan Tun Abd Razak, Selasa (14/3/2023), Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan perencenaan pembangunan yang matang sangat dibutuhkan dalam memajukan dan mensukseskan program suatu daerah.

"Apabila kita mampu membuat sebuah perencanaan yang baik maka 60 persen kesuksesan sudah berada di tangan kita, sehingga Musrenbang tahun ini kita lakukan dengan berbagai macam rangkaian, mulai dari Musrenbang Desa, Kelurahan, Kecamatan, Musrenbang Tematik (Stunting dan Pemberantasan Kemiskinan Ekstrem), Musrenbang Anak dan Pemuda yang merupakan satu-satunya daerah di Indonesia yang melaksanakan Musrenbang Pemuda," ungkapnya.

Adnan mengaku, rencana program yang akan dilakukan pada tahun 2024 mendatang tetap berfokus pada lima program prioritas yang tercantum dalam RPJMD Kabupaten Gowa 2021-2026 yakni pendidikan, kesehatan, infrastruktur, keagamaan, pertanian dan UMKM.

"Kelima program prioritas kita ini tidak boleh keluar sejak penetapan RPJMD dan alhamdulillah sekarang on the track untuk menjalankan pembangunan dan yang paling terpenting program yang kita kerjakan tahun depan tetap mengacu untuk pertumbuhan ekonomi, menekan laju inflasi, dan juga infrastruktur yang berkelanjutan," jelas Sekjen Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini.

Pada pelaksanaan Musrenbang ini, Pemerintah Kabupaten Gowa turut memberikan penghargaan kepada beberapa SKPD sebagai Perencanaan Perangkat Daerah (PPD) terbaik yaitu terbaik enam Dinas PMD, terbaik kelima Dinas Peternakan dan Perkebunan, terbaik keempat Dinas Perikanan, terbaik ketiga DPMPTSP, terbaik kedua BPKD dan terbaik pertama Bapenda.

Penghargaan juga diberikan kepada Penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan Terbaik Tahun 2023 yaitu Kecamatan Bajeng Barat, Kecamatan Parigi, Kecamatan Pallangga, Kecamatan Manuju.

Diakhir acara juga dilakukan penandatangan berita acara kesepakatan yang diikuti oleh Staf Ahli Pemprov Sulsel, Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni, Forkopimda Gowa, Aggota DPRD Sulsel dan Kabupaten Gowa serta berbagai organisasi masyarakat yang ada di Kabupaten Gowa.

Editor : Revin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut