get app
inews
Aa Read Next : Malam Ramah Tamah HUT RI, Empat Developer Terima Penghargaan dari Gubernur Sulsel

Pj Bupati Takalar Hadiri Pesta Tahunan Adat Lammang di Desa Lantang

Sabtu, 27 Mei 2023 | 13:39 WIB
header img
Pj Bupati Takalar, Dr Setiawan Aswad, Hadiri Pesta Adat Budaya Lammang. Foto Dokumen Pribadi

TAKALAR, iNewsGowa.id - Penjabat (Pj) Bupati Takalar Dr Setiawan Aswad, menghadiri Pesta Adat Lammang di Desa Lantang Polongbangkeng Selatan, Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (27/5/2023).

Pesta Budaya Adat Lammang yang diperingati tiap tahun itu juga dihadiri langsung oleh Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Setiawan Aswad dalam sambutannya menyampaikan bahwa masyarakat Takalar adalah masyarakat yang pandai bersyukur, hal itu diwujudkan dengan berbagai kegiatan salah satunya adalah kegiatan adat Lammang ini.

"Adalah Manifestasi atau wujud dari rasa syukur masyarakat terhadap apa yang mereka dapatkan dan rasakan selama ini. Tentu saja ini adalah ungkapan rasa terimakasih kepada sang Pencipta kita," Ujar Setiawan Aswad.

Lanjut kata Setiawan, seharusnya memang pantas masyarakat Takalar lebih banyak bersyukur atas nikmat yang mereka Terima. Kemudian ia memperjelas bahwa kegiatan seperti inilah yang menjadi penanda dari identitas warga Takalar terutama di Desa Lantang.

"Terima kasih yang pertama tentu kepada Allah SWT yang telah menganugerahkan Takalar yang berjuluk (Butta Panrannuangku) dengan desa Lantang ini, sehingga patut kita apresiasi dan kita harapkan budaya adat Lammang ini dapat dilestarikan dan dijaga dengan baik," Tambah Setiawan.

Seorang warga Desa Lantang, Helmi (34) tahun, mengatakan bahwa Pesta Adat Lammang ini merupakan acara tahunan yang telah menjadi kebiasaan masyarakat Desa Lantang sejak dulu tetap dijaga dan dilestarikan hingga sekarang.

"Setiap panen pertama, sebelum masuk bulan Ramadan, masyarakat akan mengadakan acara ini sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT," kata Helmi.

Editor : Revin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut