get app
inews
Aa Read Next : Peringati Isra Mi'raj 1445 H, Bupati Gowa: Tingkatkan Ketakwaan Khususnya Shalat

9 Manfaat dan Waktu yang Tepat Membaca Ayat Kursi

Jum'at, 25 Agustus 2023 | 16:38 WIB
header img
9 Manfaat Membaca Ayat Kursi, Kaligrafi. Foto Dokumen Pribadi

SUNGGUMINASA, iNewsGowa.id - Manfaat membaca ayat kursi belum banyak diketahui oleh orang. Hal inilah yang membuat minat dan kesadaran membaca ayat kursi sangat rendah. Ayat kursi dinilai sebagai salah satu doa yang memiliki derajat paling tinggi di antara surat-surat atau doa-doa lainnya.

Ayat kursi merupakan bagian dari surat Al-Baqarah, yaitu surat kedua di dalam Al quran, dan merupakan ayat ke 255 dari surat tersebut. Meskipun seluruh ayat dari semua surat di Al quran adalah mulia, namun ayat kursi memiliki tempatnya sendiri.

Berikut 9 Manfaat Membaca Ayat Kursi Pada Waktunya:

1. Memiliki Keagungan Melebihi Langit dan Bumi

Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Tidakkah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya ayat kursi, (karena di dalam ayat kursi tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah).”

Sufyan Ats-Sauri berkata bahwa ayat kursi adalah salah satu kalamullah atau ucapan dari Allah. Dan kalamullah lebih agung dari ciptaan Allah lainnya.

2. Menjadi Pintar dan Dimudahkan untuk Memahami Segala Sesuatu

Manfaat membaca ayat kursi selanjutnya adalah dapat memudahkan kamu memahami sesuatu hal alias lebih pintar. Ketika kamu rutin membaca ayat kursi, maka akal atau otak akan menjadi lebih mudah paham dan lebih mudah memahami atau mencerna pengetahuan baru.

3. Dijauhkan dari Segala Gangguan Kejahatan dan Godaan Syaitan

Membaca ayat kursi sebanyak 12 kali pada hari Jumat akan terhindar dari kejahatan. Baik itu kejahatan dari manusia, hewan, maupun syaitan.

4. Membaca Sebelum Tidur

Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Jika engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), maka bacalah ayat kursi. Niscaya Allah akan selalu menjagamu dan setan pun tidak akan mengganggu tidurmu hingga pagi tiba," (HR Al-Bukhari).

Dari sabda Rasulullah SAW menerangkan bahwa dengan membaca ayat kursi sebelum tidur maka kamu akan dijaga dan dilindingi dari gangguan syaitan selama tidurnya. Untuk itu bacalah ayat kursi sebagai dzikir yang rutin ketika akan tidur.

5. Membacanya Selesai Sholat, Perantara Masuk Surga

Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah selesai sholat, maka tidak akan ada yang menghalanginya masuk ke surgakecuali kematian.” (HR An-Nasai dinilai shahih oleh Syaikh Al-Abani).

Dari sabda Rasulullah menerangkan bahwa ayat kursi merupakan perantara yang dapat mengantarkan kamu masuk ke surga. Selama kita masih hidup dan membaca ayat kursi setelah sholat maka akan selalu mendapatkan kemuliaan untuk masuk surga.

6. Membaca Ayat Sehabis Sholat Pagi dan Petang

Akan Mendapatkan Perlindungan Langsung dari Allah SWT

Allah SWT akan menjaga kamu dari godaan setan, kejahatan manusia, binatang buas yang bersifat negatif, dan lain sebagainya. Atas izin Allah SWT, maka saat membaca ayat kursi dipastikan akan dijauhkan dari keburukan-keburukan tersebut.

7. Mendapat Perlindungan dari Dua Malaikat

Bagi kamu yang membaca ayat kursi sebelum tidur, maka Allah akan memerintahkan dua malaikat untuk menjaganya selama ia tidur hingga pagi. Abduraahman bin ‘auf menerangkan bahwa Nabi Muhammad SAW apabila masuk ke dalam rumahnya, dibacakan ayat kursi di empat penjuru rumahnya dan berharap ayat kursi tersebut dapat menjadi penghalang dan dinding bagi syaitan.

8. Mendapatkan Rhido dan Kasih Sayang Allah SWT

Allah SWT akan mencintai umat-Nya yang selalu membaca ayat kursi di dalam kegiatan sehari-harinya. Seperti Allah SWT mencintai dan menyayangi Nabi Muhammad SAW.

9. Selalu Dijaga Dalam Perjalanan

Manfaat membaca ayat kursi setiap hari akan dijaga dalam perjalanan ataupun saat ingin memulai perjalanan. Allah SWT Akan memudahkan perjalannya dan Allah akan melindungi selama perjalanannya.

Editor : Revin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut