get app
inews
Aa Read Next : Seorang Remaja Tewas Dipanah Belasan Orang Terkena Bagian Dada hingga Punggung, 6 Pelaku Ditangkap

Warga Naik Haji di Gunung Bawakaraeng Viral, MUI Gowa Turun Tangan Cek Kebenaran

Kamis, 06 Juni 2024 | 09:25 WIB
header img
Viral warga Gowa naik haji di Gunung Bawakaraeng. Foto: Instagram

GOWA, iNewsGowa.id – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gowa akan mengambil langkah untuk menyelidiki video yang menampilkan sejumlah warga yang diduga melakukan rangkaian ibadah haji di Gunung Bawakaraeng. Video tersebut menjadi viral di media sosial dalam beberapa hari terakhir.

KH Abu Bakar Paka, Ketua MUI Kabupaten Gowa, menyatakan bahwa ia baru mengetahui tentang ritual haji di Gunung Bawakaraeng yang kembali viral setelah melihat video yang beredar di media sosial.

"Pihak kami masih melakukan penyelidikan untuk memastikan kebenarannya dan akan berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Tinggimoncong untuk mengetahui kebenaran dari viralnya ritual haji di Gunung Bawakaraeng yang dianggap menyesatkan," ungkapnya pada Rabu (5/6/2024).

Beliau juga mengingatkan bahwa beberapa tahun sebelumnya, MUI Kabupaten Gowa bersama Pemerintah Kecamatan Tinggimoncong telah sepakat untuk menutup jalur pendakian ritual haji di Gunung Bawakaraeng karena dianggap tidak sesuai dengan ajaran Islam.

Namun demikian, belakangan ini, ritual haji di gunung tersebut kembali dilakukan oleh sebagian warga karena dianggap sebagai bagian dari warisan leluhur.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut