get app
inews
Aa Read Next : Pipa Gas Bocor, Tamu Hotel di Makassar Terpaksa Diungsikan

Bawaslu Telusuri Laporan Dugaan Ijazah Palsu Cawalkot Parepare

Kamis, 19 September 2024 | 21:30 WIB
header img
Ilustrasi Ijazah Palsu.

PAREPARE, iNews.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Parepare menelusuri laporan masyarakat terkait salah satu Calon Walikota Parepare yang diduga menggunakan Ijazah Palsu.

Laporan warga ke Bawaslu tersebut usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Parepare mengumumkan semua bakal calon Walikota memenuhi syarat.

“Setelah KPU mengumumkan semua calon lolos Administrasi, jadi KPU memberikan waktu untuk tanggapan masyarakat, nah disitu ada warga yang melapor ke Bawaslu,”kata ketua Bawaslu kota Parepare, Muh Zainul Asnun kepada iNews.id, Kamis (19/9/2024).

Menurut Zainul, pihaknya telah memeriksa sejumlah saksi dan hari ini juga dilanjutkan pemeriksaan saksi lainnya untuk meminta klarifikasi. Terkait palsu atau tidaknya ijazah tersebut pihaknya belum bisa memastikan.

“Sudah beberapa saksi yang kita panggil, untuk memberikan klarifikasi, hari ini kita menunggu saksi lain, saksi ini berdomisili di Makassar, kalau hasilnya saya belum bisa memastikan,” bebernya.

Sementara itu, ketua Yayasan Pendidikan Mahaputra Tello Makassar, Samsudin Kadir membenarkan calon Walikota Parepare yang dimaksud betul tamat di SMA Mahaputra Tello Makassar.

“Iye, Tamat di SMA Mahaputra, semua data kelulusan (Calon Walikota Parepare-red) sudah diserahkan ke Dinas Pendidikan Sulsel,” kata Samsudin Kadir kepada iNews.id, Kamis (19/9/2024) malam.

Dia juga mengakui, Sekolahnya tersebut telah kedangan tamu dari Bawaslu Parepare untuk meminta klarifikasi terkait dugaan ijazah palsu tersebut.

“Tadi kebetulan ada datang anggota Bawaslu Parepare untuk mengklarifikasi,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang warga bernama Iksan Ishak mengadukan salah satu Calon Walikota Parepare yang diduga menggunakan ijazah palsu ke Bawaslu.

Iksan Ishak menyebut, pihaknya telah memberikan keterangan ke Sentra Gakkumdu Bawaslu Parepare atas laporannya itu, dia mengklaim bahwa informasi penggunaan ijazah palsu milik salah satu Cawalkot Parepare didapat dari rekannya.

Bahkan kata Iksan, foto copy ijazah SMA MAHA PUTRA milik Cawalkot Parepare yang dipermasahkan tersebut ada ditangannya.

Dilansir dari laman Kemendikbudristek Sekolah Menegah Atas Swasta (SMAS) Mahaputra Tello diketahui beralamat di Jalan Paccinang Raya no.1 kelurahan Tello Baru kecamatan Panakukang, kota Makassar.

Saat ini sekolah tersebut telah terakreditasi A dan dipimpin kepala sekolah (Kepsek) bernama Dra. Hj. Nurlang dengan SK Operasional Nomor. 421.3/6008/S.KEP/DPK/X/2016.

Editor : Abdul

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut