get app
inews
Aa Read Next : Bawaslu Telusuri Laporan Dugaan Ijazah Palsu Cawalkot Parepare

Disdik Sulsel Akui Ijasah SMA Milik Cawalkot Parepare Tasming Hamid Asli

Jum'at, 20 September 2024 | 15:56 WIB
header img
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Iqbal Nadjamudin (Dok. Pribadi)

MAKASSAR, iNews.id - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Sulawesi Selatan, Iqbal Nadjamuddin membenarkan ijazah SMA Cawalkot Parepare Tasming Hamid Asli.

“Saya sudah kasi penjelasan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Parepare,” kata Iqbal kepada iNews.id, Jumat (20/9/2024).

Menurut Iqbal, setelah melakukan pengecekan terkait ijazah itu, Pihaknya membenarkan ijazah yang dikeluarkan SMA MAHAPUTRA Tello Makassar milik Cawalkot Parepare Tasming Hamid tersebut Asli.

“Kami sudah mengecek ijazahnya, dan ijazah asli yang dikeluarkan sekolah itu,” klaim Iqbal.

Senada dengan Kadis Pendidikan Sulsel, Ketua KPU Parepare, Muh Awal Yanto juga membenarkan ijazah SMA milik Cawalkot Tasming Hamid asli.

“Jadi saat pengumuman pemeriksaan berkas dari KPU beberapa waktu lalu semua ijazah SMA paslon diakui, baik itu dari SMA dan dari Dinas Pendidikan Sulsel,” ujar Yanto dari sambungan selulernya. Jumat (20/9/2024).

Yanto menyebut, setelah tahapan tanggapan masyarakat ternyata ada riak-riak dari warga, pihaknya pun langsung menggelar pleno dan memutuskan untuk mengadakan klarifikasi.

“Jadi setelah kami meneptakan hasil verifikasi berkas paslon dan masa menunggu tanggapan masyarakat beberapa waktu lalu, ada riak-riak jadi kami gelar rapat pleno untuk klarifikasi. Saat ini juga tim kami masih ada di Makassar. Kami masih menunggu hasil klarifikasi atas tanggapan itu dari tim yang ada Makassar,” tutupnya.

Jadi awal mula riak tersebut saat seorang warga Parepare bernama Iksan Ishak mengadukan salah satu Calon Walikota Parepare (Tasming Hamid) yang diduga menggunakan ijazah SMA palsu ke Bawaslu.

Iksan menyebut pihaknya telah memberikan keterangan ke Sentra Gakkumdu Bawaslu Parepare atas laporannya itu, dia juga mengklaim informasi penggunaan ijazah palsu milik salah satu Cawalkot Parepare didapat dari rekannya.

Bahkan kata Iksan, foto copy ijasah SMA MAHA PUTRA milik Cawalkot Parepare yang dipermasahkan itu ada ditangannya. Iksan juga memposting Foto Copy diduga ijazah bersangkutan di akun medsosnya.

Sebelumnya, Kamis (19/9/2024) wartawan iNews.id mengkonfirmasi langsung ketua Yayasan Pendidikan Mahaputra Tello Makassar, Samsudin Kadir. Ia juga mengklaim bahwa ijazah SMA milik Cawalkot Parepare Tasming Hamid itu asli.

Diketahui, Sekolah Menegah Atas Swasta (SMAS) Mahaputra Tello yang dikomandoi Dra. Hj. Nurlang saat ini telah terakreditasi A (Sangat Baik) beralamat di Jalan Paccinang Raya no.1 kelurahan Tello Baru kecamatan Panakukang, kota Makassar. Provinsi Sulawesi Selatan.

Editor : Abdul

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut