Siapakah Sosok Pengganti Posisi Ketua DPRD Gowa Selanjutnya?

Palallo
Ilustrasi

SUNGGUMINASA, iNewsGowa.id - Memasuki Pemilu Legislatif (Pileg) 2024, tinggal 348 hari lagi, tentu Partai Politik (Parpol) telah melakukan berbagai persiapan untuk tetap bertahan pada posisi puncak yakni Parpol Pemenang dan mendapatkan posisi Ketua DPRD.

Berkaca pada Pemilu Legislatif tahun 2019 lalu di Kabupaten Gowa, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berhasil meraih perolehan suara sebanyak 60.065, atau mendapatkan 8 kursi dan berhak menduduki posisi Ketua DPRD Gowa.

Sementara Partai Gerindra Kabupaten Gowa hanya meraih 7 kursi atau memperolehan suara sebanyak 58.822 di Pileg 2019, dan menduduki posisi Wakil Ketua DPRD Gowa.

Partai Besutan Prabowo Subianto ini pun terpaksa harus puas di posisi kedua setelah caleg Daerah Pemilihan 1 Kecamatan Somba Opu, hanya mendapatkan 1 kursi.

Ketua Penjaringan Caleg Partai Gerindra Aliansyah Tompo menyebut partainya sangat optimis dapat meraih 9 kursi pada pemilu 2024 mendatang.

"Dengan majunya Pak Darmawangsyah Muin (DM), sebagai calon Bupati Gowa, Partai Gerindra memiliki target mengisi kuota 20% atau 9 kursi," ujar Aliansyah kepada iNewsGowa.id, Kamis (02/3/2023).

Mengenai Dapil 1 Somba Opu, Aliansyah Tompo juga menyebut sudah mempersiapkan Bakal Caleg  untuk mendapatkan  kembali 2 kursi, yang sebelumnya hanya 1 kursi.

"Bukan itu saja, Dapil 3 (Kecamatan Tinggimocong,Tombolo Pao dan Parigi), kita juga persiapkan pula. Sebab pemilu kemarin kita tidak mendapatkan kursi disana," jelasnya.

Bahkan Aliansyah lanjut mengatakan  Gerindra Gowa sudah menjaring bakal Calegnya sebanyak 47 orang dari 7 Dapil di Kabupaten Gowa.

"Itu sudah melebihi dari jumlah Kouta dari 45, kini terdaftar 47 orang, kemungkinan terus bertambah. Kita juga masih membuka pendaftaran hingga jadwal fit and proper test  pada April mendatang," tutupnya

Sementara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masih yakin bahwa Partai berlambang Ka'bah ini, masih bertahan diposisi kursi Ketua DPRD Gowa.

"Untuk Itu PPP menurunkan kader terbaiknya, untuk mempertahankan posisi yang sudah diraih sebelumnya," ujar Farizal Marowa Kader PPP Gowa.

Beberapa Kader terbaik maksud dari Farizal yakni, mantan Anggota DPRD Gowa dan DPRD Provinsi.

"Ada Pak Hasrul Makkaraus mantan Anggota DPRD Provinsi kembali Ke Gowa, Asriadi Arsy Mantan Anggota DPRD Gowa dari Partai Demokrat kini bergabung di PPP, ada Jabbar Daeng Ngitung Mantan Anggota DPRD Gowa dari Partai Hanurah kini bergabung di PPP juga," ungkap Faisal Marowa, melalui Via Telepon WhatsApp (02/3/2023).

Sementara Gerindra masih di Dominasi Petarung lama yang memiliki potensi besar duduk kembali diantaranya, Abdul Razak Dg Lewa (3 Periode), Nasiruddin Sitakka (2 Periode), HM Said  Dg Ngitung (2 Periode).

Sementara di Dapil 1 Somba Opu, Partai Gerindra melapis keder lamanya yakni, Chandra Juara Dg Ngerang dengan Sekertaris Gerindra Gowa Idris Rate, juga terdapat nama pendatang baru Hasrul Abdul Rajab yang populer sebagai Ketua Melenial Sulsel.



Editor : Revin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network