get app
inews
Aa Read Next : VIral, Video Emak-Emak di Jeneponto Diduga Berpesta Miras Sambil Berjoget

Peringati Isra Miraj 1444 H, Kecamatan Tarowang Gelar Kegiatan Syiar Islami di Aula Kantor Camat

Selasa, 28 Februari 2023 | 16:41 WIB
header img
Isra dan Miraj, Kantor Aula Camat Tarowang. Foto Dokumen Pribadi

JENEPONTO, iNewsGowa.id - Pemerintah Kecamatan Tarowang melaksanakan program kerja kegiatan keagamaan yakni Peringatan Hari-hari Besar Islam (PHBI) yakni Isra dan Miraj Nabi Muhammad SAW 2023 M / 1444 H.

Dengan ini mengusung tema, "Mari Kita Tingkatkan Iman dan Taqwa, Raih Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Serta Membangun Ukhuwah Menuju Peradaban Yang Mandiri", yang bertempat di Aula Kantor Camat Tarowang, Kabupaten Jeneponto (Selasa, 28/2/2023).

Pada kegiatan Isra dan Miraj ini dihadiri oleh Camat Tarowang Taufik, Kasi Pemerintahan, Kasi Pelayanan Umum, Kasi Pembangunan,  Kasi Trantib, Kasi Kesos, Kasubag Umum dan Kepegawaian, Kasubag Perencanaan, Kasubag Keuangan, Kepala KUA yang diwakili Akhmad Rewa, Ketua MUI Kecamatan Tarowang KH Aripin, Kepala Puskesmas Tino yang diwakili oleh Rachmat, Para Kepala Desa dan yang mewakili, Peserta kurang lebih 30 orang.

Camat Tarowang dalam sambutannya, menyampaikan bahwa kegiatan PHBI yakni Isra dan Miraj setiap tahun dilaksanakan yang bertujuan sebagai bentuk syiar agama Islam. Poin utama dari Isra Miraj adalah perjalanan wisata ibadah Nabi Muhammad SAW setelah ditimpa dua musibah besar yang menimpanya yakni meninggalnya istri tercinta Khadijah dan menyusul pamannya Abu Talib yang meninggalkan kesedihan yang sangat mendalam dan menguncam jiwa Nabi pada saat itu.

"Hikmah dari Isra Miraj adalah Rasulullah SAW mendapatkan perintah sholat 5 waktu, sedang Subtansi dari sholat adalah untuk mencegah dari perbuatan mungkar, serta dari segi kesehatan gerakan shalat adalah olahraga yang paling bagus untuk kesehatn lahir dan bathin," ulas Camat Tarowang.

Ketua MUI Kecamatan Tarowang KH Aripin, sebagai pembawah Tausiyah Isra dan Miraj, ia menyampaikan bahwa Isra dan Miraj Nabi Muhammad diawali dengan perjalan Rasulullah dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsah. 

Peristiwah diatas mengandung hikmah bahwa kita setiap melaksanakan pekerjaan harus diawali dengan ibadah, agar usaha dan ikhtiar kita sebagai seorang muslim mendapat keberkahan dari Allah SWT.

Sebelum melakukan perjalanan Isra dan Miraj, Nabi dibedah dadanya oleh Malaikat Jibril dan dibersihkan agar semua penyakit-penyakit lahir dan bathin itu hilang dan bersih sebelum menghadap Allah SWT.

Hikmat dari kejadian tersebut bagi seorang muslim, adalah sebelum shalat 5 waktu harus berwudhu terlebih dahulu agar kita sudah dalam keadaan suci pada saat melaksanakan ibadah sholat.

Pada saat Isra Miraj Rasulullah menyaksikan seorang pemuda yang diliputi olehnya cahaya lalu bertanya kepada Malaikat Jibril, apakah anak muda itu seorang Nabi, Jibril menjawab dia orang biasa yang selalu mengamalkan dalam hidupnya, yakni Lidahnya selalu berzikir kepada Allah SAW, tidak pernah durhaka kepada orang tuanya, hatinya selalu terpaut dengan masjid dengsn selalu melaksanakan Sholat 5 waktu berjama'ah, dan hatinya gelisah bila tidak melasanakannya di masjid.

Editor : Revin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut