get app
inews
Aa Read Next : Dua Paslon Bupati dan Wakil Bupati Takalar Hari ini Jalani Pemeriksaan Kesehatan.

Setiawan Aswad Tekankan ASN Takalar sampai Kades Tak Main Politik

Senin, 18 September 2023 | 14:20 WIB
header img
Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad memimpin upacara Bendera Kesadaran nasional di Lapangan kantor Bupati Takalar, Senin, 18/9/2023 .

TAKALAR, iNews.id -- Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad menekankan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) sampai ke Kepala Desa (Kades) untuk menjaga netralitasnya pada Pemilu Tahun 2024 mendatang khususnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). 

Hal itu dikatakan Setiawan Aswad saat mendeklarasikan netralitas ASN sampai Kepala Desa (Kades) dan Perangkat Desa setelah upacara Bendera Kesadaran nasional di Lapangan kantor Bupati Takalar, Senin, 18/9/2023 .

Kata Pj. Bupati menegaskan bahwa setiap ASN, Kepala Desa dan Perangkat Desa dilarang memberikan dukungan kepada calon dengan cara tidak ikut melakukan kampanye, tidak menjadi peserta kampanye dengan menggunakan atribut partai atau atribut ASN, tidak mengarahkan ASN lain dan tidak menggunakan fasilitas negara. 

Selain itu, tidak membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon sebelum, selama dan sesudah masa kampanye tidak mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap pasangan calon yang menjadi peserta pemilu meliputi pertemuan, ajakan, himbauan, seruan, atau pemberian barang kepada ASN dalam lingkungan unit kerja.

Lanjut kata dia, anggota keluarga dan masyarakat tidak memberikan surat dukungan disertai fotocopy kartu tanda penduduk atau surat keterangan tanda penduduk. 

"ASN menjadi komponen penting pemerintahan untuk menjamin berlangsungnya Pemilu dan Pemilukada tahun 2024, ASN harus tetap pada kedudukan profesional dan tidak memihak pada kontestan politik yang akan bertanding di Pemilu maupun Pemilukada. Meskipun sejatinya ASN memang memiliki hak pilih dalam setiap pesta demokrasi yang berlangsung," jelas Setiawan Aswad. 

Setiawan, berharap agar semua memahami dan tetap menjaga netralitas dalam pemilu. Kita sebagai ASN yang menjalankan roda pemerintahan harus tetap pada posisi netral siapapun pemenangnya. 

Turut dihadiri pada Upacara tersebut Forkopimda Takalar, Sekda Takalar, para ASN lingkup Kab. Takalar, para Camat serta para Kepala Desa/Lurah se-Kab. Takalar.

Editor : Abdul

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut