get app
inews
Aa Read Next : Cegah Pungli, Lapas Bulukumba Tingkatkan Layanan Wartelsuspas

Penggeledahan Warga Hunian, Lapas Bulukumba Libatkan TNI-POLRI

Rabu, 28 Agustus 2024 | 13:00 WIB
header img
Sinergitas TNI-POLRI dan Kalapas lakukan penggeledahan di Hunian warga Lapas Bulukumba. (Dok. Pribadi).

BULUKUMBA, iNews.id - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bulukumba, Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan penggeledahan rutin di blok hunian warga binaan pemasyarakatan dengan melibatkan personil gabungan TNI-POLRI, Rabu (28/8/2024). 

Sebanyak 54 personel gabungan TNI-POLRI dan Lapas Bulukumba diturunkan. Penggeledahan dimulai pada Selasa (37/8/2024) kemairn dimulai pukul 20.00 WITA dan berlangsung hingga selesai.

Proses penggeledahan dimulai dengan pemeriksaan badan terhadap warga binaan secara satu per satu, dilanjutkan dengan penggeledahan barang-barang yang berada di dalam kamar hunian.

Kepala Lapas Kelas IIA Bulukumba Mut Zaini mengungkapkan penggeledahan bertujuan untuk memastikan bahwa tidak ada barang-barang terlarang yang berbahaya di dalam Lapas, seperti handphone, narkoba, senjata tajam, dan barang terlarang lainnya.

"Selain itu, penertiban kamar juga dilakukan untuk menjaga kebersihan dan keteraturan lingkungan blok dan kamar hunian," kata Kalapas. 

Mut Zaini juga mengimbau kepada seluruh warga binaan untuk tetap mematuhi aturan yang yg berlaku, dengan tidak menggunakan barang-barang terlarang di dalam blok hunian, serta menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan tempat tinggal mereka. 

Sementara itu, Kasat Sabhara Polres Bulukumba, AKP Baharuddin yang turut serta dalam kegiatan ini mengapresiasi kerja sama yang baik dengan Lapas Bulukumba.

“Sinergitas antara Lapas, TNI, dan Polri sangat penting untuk menjaga keamanan dan ketertiban di dalam lapas. Kami berkomitmen untuk terus mendukung segala upaya yang dilakukan oleh Lapas Bulukumba,” ungkapnya.

Adapun hasil penggeledahan tersebut, petugas menemukan beberapa barang yang tidak diperbolehkan, antara lain 6 buah sendok besi, 1 buah kipas portable, 3 batang besi, 2 buah cutter, 4 buah silet, 2 buah buku etnoreligius Yahudi, 2 roll tali pengukur/penimbang bahan bangunan 1 buah gelas kaca, 2 buah piring kaca, dan 2 buah cermin.

Editor : Abdul

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut