Dandim 1409/Gowa Dampingi Danrem 141/Toddopuli, Ziarah ke Makam Raja-Raja

Akbar
Hari Jadi Bone ke-693, Ziarah Makam Raja-Raja, Kabupaten Gowa. Foto Dokumen Pribadi

SUNGGUMINASA, iNewsGowa.id - Dalam rangka Hari Jadi Bone (HJB) ke-693 tahun 2023 Danrem 141/Toddopuli, Brigjen TNI Budi Suharto bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah  (Forkopimda) Kabupaten Bone di damping Dandim 1409/Gowa Letkol Inf Muhammad Isnaeni Natsir, dan Wakil Bupati Gowa H Abd Rauf Malaganni, melaksanakan ziarah ke makam Raja Bone ke - XV La Tenri Tatta Arung Palakka Petta Malampe Gemme’na dan Makam Sombayya Ri Gowa XVII, I Mallom Bassi Daeng Mattawang Sultan Hasanuddin yang berada di Kabupaten Gowa, Rabu (15/3/2023).

Ziarah ke makam Arung Palakka dan Sultan Hasanuddin merupakan rangkaian hari jadi Kabupaten Bone ke-693, sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa para raja sekaligus menunjukkan bahwa kebesaran dua kerajaan di Indonesia yakni kerajaan Bone dan kerajaan Gowa yang saling bersaudara,” ungkap Danrem 141/Toddopuli.

Sebelum tabur bunga dan doa bersama, Danrem 141/Tp beserta rombongan terlebih dahulu mendengarkan penjelasan mengenai sejarah singkat tentang Raja Bone Arung Palakka oleh Andi Latenri tatta (Budayawan Bone).

Usai menerima penjelasan, dilaksanakan Upacara Ziarah makam Raja Bone dipimpin oleh Bupati Bone yang diawali dengan penghormatan umum kepada arwah almarhum Raja Bone Arung Palakka.

Dalam sambutan Bupati Bone mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Gowa beserta seluruh jajaran.

"Terimakasih yang sebesar-besarnya atas sambutan yang diberikan kepada kami serta Permohonan maaf kami sampaikam karena setiap tahun, dengan adanya kegiatan ziarah ini yang sudah kami tetapkan sebagai kegiatan rutin tahunan," ucap Bupati Bone.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga serta tabur bunga ke Pusara Makam Raja Bone Arung Palakka dan dilanjutkan Ziarah ke Makam Sultan Hasanuddin.

Adapun lokasi Makam yang di Ziarahi pada rangkain peringatan HJB Ke-693 Tahun 2023 yakni;

1. Makam Raja Bone Ke XV La Tenri Tatta Arung Palakka Petta MalampeE Gemme’na di Jl. Bonto Biraeng, Katangka, Somba Opu, Kabupaten Gowa.

2. Sombayya Ri Gowa XVII, I Mallom Bassi Daeng Mattawang Sultan Hasanuddin, Jalan Palantikang, Katangka, Somba Opu, Kabupaten Gowa.

3. Raja Bone XXII La TemmasongE Sultan Abdul Razak di Jalan Tarakan, Kelurahan Mallimongang, Kecamatan Wajo, Kota Makassar.
4. Raja Bone XXXII La Mappanyukki Sultan Ibrahim Andi Pangeran Petta Rani dan Jenderal M Yususf di TMP Panaikang Jalan Taman Makam Pahlawan Paropo, Kecamatan Makassar, Kota Makassar.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Letkol Inf Moch Rizqi Hidayat Djohar (Dandim 1407 Bone), AKBP Arief Doddy Suriawan (Kapolres Bone), Irwandi Burhan (Ketua DPRD Bone), Kompol Nur Ichsan (Danyon C Brimob), Agussalim (Camat Somba Opu), Ahmad Hasanuddin (Lurah Katangka) dan SKPD Kabupaten Bone beserta rombongan kurang lebih 50 orang.



Editor : Revin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network