Tiga Periode Memimpin, Darwis Sukses Bangun Desa Paddinging

Sukri
Muh. Darwis Kepala Desa Paddingin, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar. (Dok. Pribadi)

TAKALAR, iNews.id - Desa Paddinging merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan, merupakan salah satu desa yang terletak di dataran yang dikelilingi oleh sawah dan kebun. Jumlah penduduknya pada tahun 2023 lalu tercatat sebanyak 2152 jiwa.

Di bawah kepemimpinan Kepala Desa, Muh. Darwis selama 3 periode. Ia mulai  menjabat kepala Desa Paddinging sejak 2012, kemudian periode kedua 2017 dan periode ketiganga 2022 lalu. Putra Asli kelahiran Takalar yang lahir serta di besarkan di Desa Paddingin sendiri.

Berbagai infrastruktur terus dioptimalkan sehingga perubahan perwajahan desa semakin mengalami perubahan yang nyata. Hal tersebut terlihat sangat jauh berbeda dari tahun ke tahun sejak kepemimpinannya.

Perlahan tapi pasti, desa ini mulai berbenah dengan geliat membangun sarana dan prasarana. Mulai dari jalan dusun hingga jalan taninya. Hal paling utama baginya adalah layanan kepada masyarakat.

Saat di temui di ruang kerjanya, Kepala Desa Paddinging, Muh. Darwis mengatakan, pihaknya terus berupaya memainkan peran sebagai motivator, fasilitator, penggerak pembangunan yang didukung lembaga serta kepedulian masyarakatnya.

"Dengan dukungan lembaga desa serta seluruh elemen masyarakat, pemerintahan desa dengan tim pengelola serta pengalokasian dana bantuan pemerintah dari berbagi sumber anggaran seperti pengalokasian Dana Desa (DD) Pusat, Dana Bantuan Kabupaten, dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang mana pengalokasian dana tersebut untuk pengerjaan pengerjaan berbagi sarana dan prasarana infrastuktur. Alhamdulillah telah dapat di rasakan manfaatnya oleh masyarakat kami," ujarnya

“Kebersamaan menjadi penyemangat bagi kami untuk terus bekerja keras, dan berusaha menjabarkan program pembangunan demi kemajuan desa yang dicita-citakan, pelayanan kepada masyarakat terus ditingkatkan. Kami selaku aparatur desa merasa belum cukup puas dengan apa yang dilakukan selama menjabat selaku kades. Pasalnya, masih banyak target yang harus terus dicapai dalam hal membangun desa ke arah lebih maju,” paparnya.

Oleh karena itu, lebih lanjut dia menjelaskan, pihaknya terus berusaha mengoptimalkan tenaga dan pikiran guna membangunan desa.

Obsesi Kades, dapat mengoptimalkan sarana dan prasarana umum dan mengoptimalkan potensi SDM masyarakat untuk bersama-sama membangun daerah, dan terus berkarya demi kemajuan desa. 

Muh. Darwis juga mengungkapkan dalam beberapa tahun terakhir ini sudah banyak prestasi yang diraih melalui gebrakan perubahan desa.

Selain itu, dia juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua perangkat desa atas dedikasi dan kerja kerasnya melaksanakan tugas pokok dan fungsi serta pelayanan kepada masyarakat sehingga pemerintahan dapat berjalan baik.

“Seberat apapun pekerjaan yang kita hadapi, jika dilakukan dengan kerja sama, semua akan terasa mudah,” ucapnya.

Darwis menegaskan, Kades tidak memiliki kekuatan apapun untuk membangun desa, jika tidak dibantu oleh perangkat desa dan masyarakat itu sendiri.

“Pemerintahan Desa akan berjalan baik apabila semua bekerjaan dilakukan sesuai dengan tupoksinya masing masing,” pungkasnya.

Ditempat terpisah, salah satu masyarakat menyampaikan, sebagai warga masyarakat desa Paddingin, dirinya berterima kasih kepada pemerintah desa, karena sudah berhasil membangun desa menjadi lebih baik.

”Semoga dengan dibangunnya beberapa infrastuktur di desa ini bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, karena Dana Desa yang dikucurkan pemerintah untuk pembangunan di pedesaan, memang bertujuan untuk meningkatkan masyarakat dan perbaikan ekonomi warga desa," tuturnya. 

Editor : Abdul

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network