get app
inews
Aa Read Next : Menuju MTQ Tingkat Sulsel, Bupati Adnan Harap Kafilah Gowa Tunjukkan Kemampuan Tebaiknya

Aktivitas Menarik di Danau Mawang, Bupati Adnan Akan Menyulap Jadi Tempat Wisata Floating Market

Minggu, 05 Februari 2023 | 11:50 WIB
header img
Danau Mawang, Kabupaten Gowa. Foto Dokumen Pribadi

GOWA, iNewsGowa.id - Danau Mawang yang terletak sekitar 6,5 Kilometer dari pusat Kota Sungguminasa Kabupaten Gowa ini sejak dulu terkenal dengan pesona alamnya, telaga cantik ini kerap dijadikan destinasi wisata air sebagai tempat berburu foto terbaik.

Danau ini memiliki luas sekitar 50 ha, membentang sepanjang kurang lebih 1.5 kilometer dengan lebar 200 hingga 450 meter. Di sisi selatan danau, pengunjung bisa menemukan berupa tanggul yang kerap dijadikan sebagai tempat favorit menikmati sunrise dan sunset ketika menjelang matahari terbenam tiba.

Tidak hanya itu, jika berkunjung ditempat ini, akan menemukan puluhan masyarakat sekitar sedang asik menikmati pemancingan jenis ikan tawar. Sepanjang pinggir telaga ini selalu ramai hingga malam hari.

Mawang yang artinya Terapung ini, disesuaikan dengan sejarahnya sendiri. Masyarakat Gowa sendiri menyebut tempat ini dulunya merupakan singgahan Daeng Panre Tanrara bersama dengan kerbau jantannya bernama Tambak Laulung.

Disini pula sang kerbau Tambak Laulung kalah berlaga dengan kerbau lain menantangnya. Medan duel ini pun kemudian terbentuk menjadi danau, ditumbuhi bunga teratai bermekaran di setiap sisi nya hingga membuat nampak cantik.

Era 80,an tempat ini diisikan berbagai kegiatan aktivitas, baik musik dan lomba dayung. Namun sering dengan perkembangan zaman destinasi wisata danau ini terkesan, kurang mendapatkan lagi perhatian dari pemerintah Daerah.

Olehnya itu Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan (20/03/ 2018), pernah menyampaikan inginanya untuk 'menyulap' danau ini seperti Tempat Wisata Floating Market yang ada di Lembang Bandung.

Obsesi Pemerintah daerah tersebut diharapkan dapat segera direalisasikan, agar keindahan Danau Mawang pun kembali muncul di permukaan dan tidak terlupakan.

Editor : Revin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut