get app
inews
Aa Read Next : Kejari Takalar Tetapkan Mantan Kadis DLHP Sebagai Tersangka

Hadiri Gaukang Karaeng Galesong, Pj Bupati Takalar Sampaikan Adat dan Budaya Perlu Dilestarikan

Kamis, 16 Februari 2023 | 19:12 WIB
header img
Istana Balla Lompoa ri Galesong. Foto Istimewah

TAKALAR, iNewsGowa.id - Tammu Taung Ke-262  atau Gaukang Karaeng Galesong Tahun 2023, merupakan agenda tahunan Lembaga Adat Karaeng Galesong digelar dipelataran Istana Balla Lompoa ri Galesong, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar, Kamis (16/2/2023).

Puncak acara, para pemangku adat menampilkan kirab budaya 'Appalili' disertai dengan kegiatan seni lainnya seperti tari Pakkurru Sumanga, tari Gaukang dan dilanjutkan pembacaan riwayat singkat Gaukang Kerajaan Gelesong.

Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad, menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada ketua dan pemangku adat dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

"kebanggaan buat kita semua, Galesong ini pernah menjadi pusat Episentrum di sulawesi, karena itu, penting untuk kita semua dalam melestarikan dan merawat budaya ini," harap Setiawan.


Adat dan Budaya Galesong Takalar



Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel ini juga, mengharapkan kegiatan ini pula tidak sebatas seremonial saja, akan tetapi ada upaya Sistematis berkelanjutan.

"Sehingga nilai-nilai, motivasi, karakter dan kebajikan dalam prosesi ini tetap lestari, bahkan bisa diaktualisasikan di masa modern ini," tutup Setiawan.

Sementara itu, Ketua Lembaga Adat Karaeng Galesong Muh Reom Dg Mattawang mengatakan Gaukang ini bukan sekedar runitas.

"tetapi menjadi wadah silaturahim, baik sesama keluarga karaeng galesong dan Pemerintah Kabupaten Takalar," Kata Dg Mattawang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pariwisata & Kebudayaan Prov. Sulsel, Anggota Forkopimda Takalar, Pimpinan OPD Takalar, Pemangku Adat Karaeng Galesong, para Camat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda.

Editor : Revin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut