Biaya Pelatihan Pemdes Rp15 Juta/Desa Jadi Temuan, Mantan Kabid PMD Takalar: BPKP Belum Turun

Sukri
Biaya Pelatihan Pemdes, Mantan Kabid PMD Takalar, Ardiyanto Radjab

TAKALAR, iNewsGowa.id - Mantan Kepala Bidang Pemerintahan Desa (PMD) Dinas Sosial dan PMD Kabupaten Takalar tahun 2022 lalu Ardiyanto Radjab, mengklarifikasi terkait pemberitaan sebelumnya yakni Jadi Temuan BPKP, Biaya Pelatihan Pemdes Rp15 Juta per Desa Berpotensi Dikembalikan.

Menanggapi pemberitaan tersebut Ardiyanto mengatakan bahwa setoran RP15 Juta per Desa dari 76 Desa di Takalar yang telah menyetor ke Bidang Pemdes.

Ardiyanto, menjelaskan jika pelaksanaan pelatihan dihotel Sampulungan, kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar di akhir tahun 2022 lalu sudah sesuai mekanisme dan perincian anggaran kegiatan.

Ia juga menampik soal setoran setiap Desa yang terkalkulasi senilai kurang lebih Rp1 miliar itu telah ada hasil Audit Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP) Sulsel.

"Iya cuma saya anggap materi berita ini tidak utuh, karena hanya kulit-kulitnya dan seingat saya BPKP belum turun, dan justru BPKP apresiasi dengan program ini karna bisa meningkatkan MCV KPK. Andai kita tahu mungkin tidak seperti itu materinya," ujar Ardiyanto yang kini menjabat sebagai Camat di Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Senin (5/6/2023).

Ardiyanto sekaligus orang kepercayaan mantan Bupati Takalar Syamsari Kitta, itu juga menampik jika dana Rp15 juta yang disetor oleh para Pemdes tersebut diterima dan dikelola langsung oleh Bidang Pemdes seperti kabar yang tersebar ke khalayak umum.

Ia justru mempertanyakan siapa aparat desa yang mengaku mengeluh tak mampu mempertanggungjawabkan dana setoran tersebut.

"Setoran ke PMD itu salah besar dan pertanyaan ini membuktikan sangat emosional memberitakan tanpa dasar. Tidak ada itu. Karena ini diadakan oleh pihak ketiga, siapa aparat Desa yang kita maksud itu?" urai Ardiyanto.

Editor : Revin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network