get app
inews
Aa Read Next : Breaking News, KKB Tembak Mati Warga Makassar di Intan Jaya Papua Tengah

Viral Video Polisi Tembak Seorang Pria di Jalan Adyaksa, Kapolrestabes Makassar Sebut Sesuai SOP

Kamis, 11 Mei 2023 | 08:27 WIB
header img
Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhamad Ngajib Berikan Penjelasan Terkait Penembakan Terhadap Seorang Pria di Jalan Adyaksa - Foto Istimewa/Akbar

MAKASSAR - Seorang Pria di Jalan Adyaksa kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, pada Sabtu (7/5/2023) lalu jadi korban penembakan oknum Polsek Panakukang 

Penembakan terhadap Jampang yang diduga merupakan pelaku pencurian dan kekerasan dilakukan didepan umum dan sempat terakam video amatir hingga viral di sosial media.

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Mokhamad Ngajib mengatakan, personel gabungan dari Unit Reskrim dan Unit Intelkam Polsek Panakkukang dari awal sudah menargetkan untuk melakukan penangkapan terhadap Jampang yang merupakan pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) dan pencurian dengan pemberatan (Curat).

"Setelah diikuti, di daerah Adyaksa itu dilakukan penangkapan dan pada saat dilakukan penangkapan yang bersangkutan melakukan perlawanan dengan menggunakan badik di tangannya," kata Ngajib kepada awak media di Mapolrestabes Makassar, Rabu (10/5/2023). 

Ngajib menambahkan, saat itu anggota terkena tikaman badik yang dikuasai oleh Jampang dan mengenai tangan dari anggota. 

"Karena ssudah mengancam jiwa anggota sendiri, akhirnya melakukan tindakan tegas. Dengan prosedur dan sesuai SOP melakukan tembakan peringatan dan tetap melakukan penyerangan sehingga dilakukan penembakan dan mengenai pada badan bagian punggung sebelah kanan," paparnya. 

Usai dilakukan tindakan tegas di bagian punggung, Jampang kemudian berusaha melarikan diri. Bahkan saat itu, Jampang dibantu oleh rekannya melarikan diri dengan berboncengan tiga orang. 

"Setelah lari, kemudian dikejar oleh anggota. Ternyata masih bisa dilakukan penangkapan dan saat itu juga terjadi perlawanan dan masih menggunakan badik. Kemudian dilakukan tindakan tegas dengan menembak dan mengenai kaki bagian kanan. Jadi dua kali dilakukan penangkapan dan dua kali juga terjadi perlawanan dan dilakukan tindakan tegas," bebernya. 

Barulah setelah itu, Jampang lari ke rumahnya dan bertemu dengan keluarga untuk meminta pertolongan untuk dibawa ke rumah sakit. 

"Setelah itu baru lari ke rumah, itu pun masih bisa lari ke rumah seperti yang ada di video kemudian bertemulah dengan keluarganya. Kemudian anggota polisi yang menangani melakukan pertolongan pertama dengan langsung dibawa ke rumah sakit Bhayangkara dan dilakukan perawatan. Saat ini peluru sudah diangkat dari badan. Dan sekarang ini dalam perawatan," jelasnya.

Selian itu, Jampang memang merupakan seorang residivis. Bahkan ia pernah dipenjara lantaran melakukan pembakaran di Gereja Jum'at Toraja. 

"Pelaku merupakan salah satu pelaku pembakaran gereja jumat Toraja, sudah divonis. Dan dia juga masih ada lima laporan yaitu Curat dan Curas. Kebanyakan dilakukan di wilayah Panakkukang," tukasnya.

Editor : Thamrin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut